Minggu, 19 September 2010

Encephalartos altensteinii

Encephalartos altensteinii adalah media untuk tanaman besar dengan batang hingga 5 meter panjang dan diameter 35cm. Batang dapat tegak atau bersandar dan tumbuh dalam rumpun, atau sebagai satu batang tanaman. Pengisap terbentuk dari dasar.

Daun muda berwarna hijau cerah dan ditutupi dengan rambut. Daun bisa 1-3 meter panjang, 20-30cm lebar dan lebih atau kurang flat di penampang dengan profil lurus. Warna hijau terang kekuningan dan tangkai daun yang panjang 10-30cm.

Para pinnae yang berbentuk pisau pembedah dan cukup jarak sepanjang tulang belakang. Pinnae rendah berkurang, tetapi tidak untuk duri. Pinnae rata-rata adalah 10-15cm dan panjang 2-3cm lebar. Mereka adalah kaku, tajam-tipped dan biasanya seluruh tetapi dapat memiliki 1-5 gigi di pinggiran.


Serbuk sari dan benih kerucut yang nyata dan terjadi berbeda 2-5 pada batang. Male kerucut adalah 40-50cm panjang 12-15cm diameter dan silinder, tetapi meruncing ke atas. Warna kuning ke hijau kekuning-kuningan. Gagang bunga yang kokoh dan dapat 5-10cm lama. Kerucut betina 40-55cm x 25-30cm, sessile, bujur-bujur telur dan kuning dengan rambut cokelat. Benih 3.5-4cm x 2-2.5 cm dan berwarna merah terang.

Female Cone


Male Cone


Benih

Daun detail



Distribusi & Habitat

Spesies ini endemik ke Afrika Selatan dan terjadi di Eastern Cape. Hal ini terjadi di kawasan pesisir dan sampai ke perbatasan dengan KwaZulu Natal. Habitat bervariasi dari lereng berbatu terpapar ke padat hutan teduh. Iklim yang hangat panas di musim panas dan musim dingin. Curah hujan terutama di musim panas dan bervariasi dari 875mm hingga 1.000 mm.
Budidaya & Propagasi

E. altensteinii mudah tumbuh dan transplantasi mudah bahkan ketika matang. Tanaman dapat beradaptasi dengan sinar matahari penuh tetapi juga melakukan dengan baik di tempat teduh. Tanah harus baik dikeringkan. Ini akan mentolerir cahaya untuk moderat embun beku tetapi embun beku di habitat ini jarang terjadi. Propagasi adalah dengan biji atau dengan menghapus pengisap dari tanaman induk


Catatan

Encephalartos altensteinii di Kew Gardens, UK - potplant tertua di world.E. altensteinii pertama kali dijelaskan pada 1834. Jenis ini cukup dikenal dan umum dalam koleksi pribadi karena dengan mudah menjalar dan tumbuh relatif cepat. Sebuah spesimen E. altensteinii (lihat E. longifolius) dikirim ke Kew Gardens tahun 1775 masih tumbuh di Palm House. Spesies ini sangat kuat dan kasus ada tanaman yang tumbuh dengan penuh semangat setelah ditanam kembali, setelah bertahun-tahun di gudang.

Spesies ini adalah variabel dan tanaman dari daerah timur kurang berduri pinnae. E. altensteinii terkait erat dengan E. natalensis tetapi dapat dibedakan oleh adanya penurunan, berduri pinnae pada tangkai daun. Alam hibrida dengan E. trispinosus dikenal di mana spesies ini tumbuh dekat satu sama lain. Hibrida alam juga telah direkam dengan E. villosus, E. dan E. arenarius latifrons. Hibrida perantara biasanya memiliki karakteristik antara orangtua.


Source : www.cycadsociety.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar