Minggu, 19 September 2010

Jenis-jenis Mawar



  • Mawar Liar / Wild roses (Eng) / Rosier sauvages (Fr) : bunganya sederhana cuman beberapa petal, tapi sangat cepat berkembang biak, dan sangat tahan hama penyakit, gak mudah mati. Ros liar ini biasanya digunakan sebagai batang bawah untuk melakukan grafting mawar.


  • Mawar kuno / Old garden roses (Eng), rosier anciens (Fr). Di perancis Ros yang masuk ros kuno ini adalah jenis mawar yang sudah ada sebelum zaman mawar hybrid tea diperkenalkan di tahun 1867. Petal bunga mawar ini sudah lebih kompak, umumnya wangi. Salah satu kelemahan mawar kuno adalah bunganya hanya sekali semusim, walaupun saat keluar bunga itu amat sangat banyak bunganya dan bisa berlangsung sampai 2 bulan, tapi setelah itu dia akan istirahat berbunga, atau berbunga tapi jarang, dan akan berbunga kembali di tahun berikutnya.
  • Mawar modern / modern garden roses (Eng) / rosiers modernes (Fr). Masa mawar modern dimulai saat dimunculkannya Kultivar mawar “La France” di tahun 1867. Mawar La France ini hasil hasil karya Jean-Baptiste Guillot , seorang rosieriste (ahli mawar dan pemulia mawar) asal Lyon, France. La France ini merupakan persilangan antara Rose Madame Victor Verdier dan Rose Madame Bravy atau Rose Madame Falcot. Ciri khas mawar modern : berbunga double / kompak, jumlah petal banyak mencapai 60 petal bahkan lebih, berbunga terus menerus, ada yang wangi ada yang gak.

Rose Pierre de Ronsard

Mawar modern terbagi lagi menjadi :

  • Hybrida Teh / Hybrid Tea (Eng) / Hybrid de Thé (Fr): Berbunga besar, tangkai tunggal, banyak variasi warna, umumnya digunakan sebagai mawar potong.







  • Polyantha dan Floribunda, adalah mawar dengan bunga berkelompok / group. Digunakan sebagai mawar untuk penutup tanah / ground covered (Eng)/ couvre-sols (Fr), i di taman publik atau park digunakan sebagai sebagai mawar masif.



  • Grandiflora: Sesuai namanya adalah mawar berbunga besar. Bedanya dengan Hybrida Teh, Grandiflora bunganya bisa tunggal tapi juga bisa beberapa bunga dalam satu tangkai.










  • Mawar mini / Miniature Roses (Eng), Rosier Nains (Fr): Mawar mini bunganya ukuran kecil, berkelompok, ukuran tanamannya juga kecil. Biasanya digunakan sebagai mawar pot.





  • Mawar Merambat atau menjalar / Climbing or Rambling Roses (Eng) / Rosiers Grimpants / Rampants or Rosiers Lierres (Fr). Karena mawar ini bisa merambat dan menjalar maka digunakan untuk menghias pagar dan pergola. Bila dibiarkan merambat dipohon beberapa jenis mawar ini bisa mencapai ketinggian 20 m !. Mawar ini bisa digunakan sebagai mawar Rosier tiges atau rosier pleurers
  • English Rose / David Austin: Jenis mawar Inggris, banyak jenis, ada yg masuk kategori hybrid tea ada yang grandiflora. Mawar ini merupakan hasil pemuliaan David Austin, yang menyilangkan mawar kuno dengan floribunda atau hybrid teh.
  • Canadian Hardy Roses: Ini mawar yang diciptakan untuk iklim amerika utara / canada yang dingin dan bersalju, agar bisa beradaptasi di iklim dingin.
  • Mawar Lanskap / Landscape Roses: Mawar lanskap diciptakan untuk penggunaan di taman umum / public park. Cirinya hanya memerlukan sedikit perawatan, tahan hama dan penyakit.

Rose New Dawn
Click image for larger version



Name: mawar2.jpg

Views: 8

Size: 62.6 KB

ID: 945


Klasifikasi lain adalah berdasar ukuran tanaman, frekwensi berbunga dan ukuran bunga : ada mawar perdu berbunga besar, perdu berbunga besar berbunga kontinyu, mawar merambat berbunga kontinyu, mawar merambat berbunga sekali setahun, mawar penutup tanah berbunga sekali dan penutup tanah berbunga kontinyu, mawar perdu berbunga berkelompok, dll.



Rose Julio Iglesias

Click image for larger version



Name: mawar3.jpg

Views: 8

Size: 52.4 KB

ID: 943


Mawar Ungu / Rose Violet Parfume

Click image for larger version



Name: mawarungu.jpg

Views: 10

Size: 65.2 KB

ID: 944


Mawar Hitam/ Black Baccara

Click image for larger version



Name: mawarhitam.jpg

Views: 16

Size: 50.7 KB

ID: 946


Dikutip dari:
http://www.ibujempol.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar